tag:blogger.com,1999:blog-67776008412370581752024-02-20T15:20:53.555-08:00Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan KhususJurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus (JASSI_AnakKu) - ISSN 1412-9337<br>
Diterbitkan dua kali setahun oleh Departemen Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan
Indonesia (UPI), Bandung. <br>
Jl. Dr. Setiabudhi 229, Bandung 40154, Indonesia <br>
Telp: (022) 2013164 Pes. 4313 <br>
E-mail: jurusanplb@gmail.comJASSI_AnakKuhttp://www.blogger.com/profile/12273050106097217296noreply@blogger.comBlogger7125tag:blogger.com,1999:blog-6777600841237058175.post-71530185270478949062018-04-28T02:13:00.001-07:002018-04-28T02:13:22.572-07:00JASSI ANAKKU Edisi Terbaru Untuk membaca Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus edisi terbaru, silakan kunjungi
<a href="http://ejournal.upi.edu/index.php/jassi">http://ejournal.upi.edu/index.php/jassi - JASSI ANAKKU</a>
JASSI_AnakKuhttp://www.blogger.com/profile/12273050106097217296noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6777600841237058175.post-42200886113162578632012-01-27T05:59:00.001-08:002012-01-27T06:02:24.677-08:00JASSI_AnakKu Volume 9 Nomor 1, Juni 2010<br></br> <br /><a href="http://jasianakku-sampel.blogspot.com/2012/01/asesmen-keterampilan-menulis-dalam.html">Asesmen Keterampilan Menulis dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus</a><br /><a href="http://jasianakku-sampel.blogspot.com/2012/01/penanganan-perilaku-agresif-pada-anak.html">Penanganan Perilaku Agresif pada Anak</a><br /><a href="http://jasianakku-sampel.blogspot.com/2012/01/pembelajaran-menulis-dengan-pendekatan.html">Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Menulis Proses bagi Siswa Tunarungu</a><br /><a href="http://jasianakku-sampel.blogspot.com/2012/01/pengembangan-model-pendidikan-kecakapan.html">Pengembangan Model Pendidikan Kecakapan Hidup bagi Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Daerah Istimewa Yogyakarta</a><br /><a href="http://jasianakku-sampel.blogspot.com/2012/01/manajemen-emosi-negatif-pada-anak.html">Manajemen Emosi Negatif pada Anak Tunarungu yang Diasramakan</a><br /><a href="http://jasianakku-sampel.blogspot.com/2012/01/pengembangan-model-modifikasi-perilaku.html">Pengembangan Model Modifikasi Perilaku</a><br /><a href="http://jasianakku-sampel.blogspot.com/2012/01/penerapan-metode-drill-pada-latihan.html">Penerapan Metode Drill pada Latihan Motorik Halus dengan Menggunakan Barang Bekas</a><br /><a href="http://jasianakku-sampel.blogspot.com/2012/01/pembelajaran-membaca-dan-menulis.html">Pembelajaran Membaca dan Menulis Braille Permulaan pada Anak Tunanetra</a><br /><a href="http://jasianakku-sampel.blogspot.com/2012/01/pendidikan-luar-biasa-dalam-perspektif.html">Pendidikan Luar Biasa dalam Perspektif Dewasa Ini</a><br /><a href="http://jasianakku-sampel.blogspot.com/2012/01/meningkatkan-kemampuan-percakapan.html">Meningkatkan Kemampuan Percakapan Bahasa Inggris dengan Model Make a Match pada Siswa Tunarungu Wicara dan Tunagrahita Kelas VII SMPLB</a>JASSI_AnakKuhttp://www.blogger.com/profile/12273050106097217296noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6777600841237058175.post-56225810364358829342010-03-18T05:18:00.000-07:002010-03-20T02:39:18.351-07:00Volume 8, Nomor 2, Desember 2009JASSI_anakku<br />Volume 8, Nomor 2, Desember 2009<br /><br />DAFTAR ISI<br /><br />RISET <br /><br />• Indeks Inklusi dalam Pembelajaran di Kelas yang Terdapat ABK di Sekolah Dasar. Juang Sunanto. Halaman 111-120. <br /><br />• Pengaruh Penggunaan Media Maket terhadap Prestasi Belajar Siswa Tunagrahita Ringan pada Mata Pelajaran IPA. Sunaryo. Halaman 121-131. <br /><br />• Perbandingan Membaca Sendiri dan Dibacakan dalam Memahami Isi Bacaan pada Anak Tunarungu di SMALB. Budi Susetyo, Nandi Warnandi, dan Ahmad Ridwan. Halaman 132-141. <br /><br />• Pengaruh Media Animasi Komputer terhadap Hasil Belajar Sains Anak Tunagrahita Ringan. Tjutju Soendari dan Pudji Asri. Halaman 142-162. <br /><br />• Pengaruh Pembelajaran Musik Angklung terhadap Perkembangan Sosial dan Emosi Anak Tunagrahita Ringan. Umar Djani M., Nandi Warnandi, dan Heni Nurhaeni. Halaman 163-173. <br /><br />• Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Melalui Teknik Penyimpanan pada Anak Tunagrahita Ringan. Tatik Haryati, Iis Nurjanah, dan Wina Kurnia D. <br /><br />TELAAH <br /><br />Mengembangkan Motivasi Belajar pada Anak Tunalaras. Atang Setiawan. Halaman 184-193. <br /><br />• Penilaian Hasil Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Sekolah Luar Biasa. Budi Susetyo. Halaman 194-201. <br /><br />• Mengembangkan Diri Melalui Kecakapan Hidup bagi Penyandang Cacat. Nia Sutisna dan Asep Saripudin. Halaman 202-214.<br /><br />• Penyandang Ketunaan: Istilah Alternatif Terbaik untuk Menggantikan Istilah “penyandang cacat”? Didi Tarsidi dan Permanarian SomadJASSI_AnakKuhttp://www.blogger.com/profile/12273050106097217296noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6777600841237058175.post-54138659168377014642010-03-17T07:13:00.001-07:002010-03-17T07:13:54.807-07:00Volume 8, Nomor 1, Juni 2009DAFTAR ISI<br /><br />RISET <br /><br />• Model Konseling Rehabilitasi bagi Individu Tunanetra Dewasa. Didi Tarsidi. Halaman 1-18.<br /><br />• Penggunaan Media Manik-Manik untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika Anak Tunagrahita. Maman Abdurahman SR dan Hayatin Nufus. Halaman 19-29. <br /><br />• Kinerja Guru Kelas dalam Layanan Bimbingan di Sekolah Luar Biasa Bagian Tunanetra. Zulkifli Sidiq. Halaman 30-38. <br /><br />• Kontribusi Pengetahuan Guru SLB–C tentang Konstruksi Tes Hasil Belajar dengan Kualitas Tes Matematika SDLB Tunagrahita Kelas 6 yang Dibuatnya. Iding Tarsidi. Halaman 39-49. <br /><br />• Pengaruh Latihan Finger Painting terhadap Perilaku Agresif Anak. Sunardi dan Mira Rachmah. Halaman 50-54. <br /><br />• Pengaruh Latihan Kesadaran Persepsi Visual terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB Kasih Ibu dan SLB YJS III Kabupaten Bandung. Juhanaini. Halaman 55-61. <br /><br />TELAAH <br /><br />• Mengembangkan Motivasi Belajar pada Anak Tunalaras. Atang Setiawan. Halaman 55-61. <br /><br />• Penilaian Hasil Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Sekolah Luar Biasa. Budi Susetyo. 62-70. <br /><br />• Mengembangkan Diri Melalui Kecakapan Hidup bagi Penyandang Cacat. Nia Sutisna dan Asep Saripudin. Halaman 71-77.JASSI_AnakKuhttp://www.blogger.com/profile/12273050106097217296noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6777600841237058175.post-367959925220919422009-03-20T07:00:00.001-07:002009-03-20T07:00:49.501-07:00Volume 7, Nomor 2, Desember 2008DAFTAR ISI<br /><br />RISET <br /><br /> Konseling untuk Populasi Khusus (Studi Kasus Terhadap Layanan Konseling bagi Siswa Tunanetra di SMTA Reguler). Didi Tarsidi dan MIF Baihaqi. Hal. 105–119<br /> Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan dan Tulisan Melalui Permainan Kursi Kata. Neni Satriani dan Nandi Warnandi. Hal. 120-131<br /> Penerapan Latihan Sensorimotor dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis pada Anak Berkesulitan Belajar. Budi Susetyo, MIF Baihaqi, dan Anik D Hiremawati. Hal. 132–140<br /> Pembelajaran Menggunakan Floor-Time untuk Meningkatkan Bahasa Lisan Anak Autis. M. Sugiarmin dan Oom S. Homdijah. Hal. 141-150<br /> Penerapan Media BADS(Building Auditory Direction Skills) untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Perintah Auditer pada Anak Tunagrahita Ringan. Musjafak Assjari dan Nurisma Nuraina. Hal. 151-168<br /> Pola Interaksi Sosial Pada Anak Autis Di Sekolah (Studi Kasus pada Anak Autistik Kelas 1 SD Mutiara Bunda). Anggi Pranita Nurhakim, Hidayat, dan MIF Baihaqi. Hal. 169–184<br /><br />TELAAH <br /><br /> Melakukan Orientasi Ulang Tentang Pendidikan Bagi Peserta Didik Tunagrahita (Dari Pendekatan Formal ke Pendekatan Fungsional). Zaenal Alimin. Hal. 185-205<br /> Intervensi Sosial Terhadap Tawuran Pelajar SMU. Ahmad Nawawi & Hernawati. Hal. 206-224JASSI_AnakKuhttp://www.blogger.com/profile/12273050106097217296noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6777600841237058175.post-68241368339779979682009-03-20T06:37:00.000-07:002009-03-25T23:41:18.884-07:00Volume 7, Nomor 1, Juni 2008DAFTAR ISI <br /><br />RISET <br /><br /> Peningkatan Prestasi Belajar Membaca Permulaan Anak Berkesulitan Belajar Melalui Strategi Kooperatif dengan Metode VAKT. Sri Widati & Ehan. Hal. 1–14<br /> Perbandingan Huruf Warna Merah vs Hitam Ukuran Huruf 18 Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Low Vision. Budi Susetyo & Melia Werdaningsih. Hal. 15-22<br /> Eefektifitas Media Meja Putar Nilai Tempat Terhadap Hasil Belajar Dalam Operasi Penjumlahan bagi Siswa Tunanetra (Penelitian di Kelas 4 SLBN-A Pajajaran Bandung). Musjafak Assjari & Resna Tresnawati. Hal. 23-44<br /> Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Bagi Anak Tunalaras. Nandi Warnandi. Hal. 45-59<br /> Profesi Pelukis atau Desainer Tampaknya Sangat Menjanjikan bagi Andi. Permanarian Somad & Didi Tarsidi. Hal. 60–74<br /> Profil Kecakapan Hidup Tunadaksa Dewasa. Intan Nursanti, M Sugiarmin, dan MIF Baihaqi. Hal. 75-87<br /><br />TELAAH <br /><br /> Pengembangan Konsep pada Anak Tunanetra. Juang Sunanto. Hal. 88–100<br /> Pengembangan Kemampuan berbahasa dan Berbicara Anak Tunarungu. Tati Hernawati. Hal. 101-110JASSI_AnakKuhttp://www.blogger.com/profile/12273050106097217296noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6777600841237058175.post-41570338513210353022009-03-19T20:55:00.000-07:002012-01-21T06:38:32.063-08:00PANDUAN PENULISAN NASKAHJurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus (JASSI_AnakKu), sebagai Jurnal Ilmiah Akademik, menerima kiriman naskah dari para penulis yang berhasrat<br />mengkomunikasikan ide, gagasan, hasil penelitian, atau kajian teoritik dan konseptual dalam bidang pendidikan anak berkebutuhan khusus.<br /><br />Naskah yang masuk dan diterima redaksi akan dipertimbangkan untuk dimuat apabila memenuhi persyaratan sebagai berikut:<br />1. Naskah bersifat ilmiah dan belum pernah dimuat di media cetak lainnya.<br />2. Naskah diserahkan dalam bentuk print out dan soft copy dalam CD atau dikirimkan sebagai lampiran e-mail. <br />Print out diketik spasi tunggal dalam kertas kuarto sepanjang maksimum 12 halaman. <br />Soft copy sebaiknya diketik menggunakan Microsoft Word. <br />Bila di dalam naskah ada gambar, bagan, atau foto maka disertakan dalam<br />bentuk file gambar. <br />3. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.<br />4. Untuk laporan penelitian, sistematika penulisan terdiri atas:<br />- Abstrak, <br />- Pendahuluan, <br />- Metodologi Penelitian, <br />- Hasil dan Pembahasan, <br />- Kesimpulan dan Saran, <br />- Referensi.<br />5. Setiap penulis mencantumkan biodata yang meliputi identitas diri, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, karya/aktivitas lain yang dianggap penting,<br />serta alamat instansi.<br />6. Setiap naskah yang masuk ke redaksi akan disunting kembali oleh Tim Penyunting. Naskah yang dianggap layak akan diterbitkan, naskah yang dipertimbangkan<br />tidak layak-muat akan dikembalikan atau diinformasikan kepada penulisnya. <br />7. Setiap naskah yang diterbitkan (untuk sementara) tidak diberikan imbalan finansial. <br /><br />PENERBITAN<br /><br />Frekuensi terbit JASI_anakku dalam satu volume (setahun) sebanyak dua nomor <br />(enam bulanan, setiap bulan Juni dan Desember)<br /><br />Diterbitkan oleh:<br />JURUSAN PENDIDIKAN LUAR BIASA, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (UPI), Bandung <br /><br />Alamat Redaksi & Berlangganan <br /><br />Jurusan Pendidikan Luar Biasa <br />Fakultas Ilmu Pendidikan – Universitas Pendidikan Indonesia<br />Jalan Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung 40154 <br />Telepon: (022) 2013164, Pesawat 4313<br />E-mail: jasianakku@gmail.comJASSI_AnakKuhttp://www.blogger.com/profile/12273050106097217296noreply@blogger.com